Pengalaman Persalinan Normal

10.40

Akhirnya setelah si bayi memasuki usia 8 bulan. Ada waktu untuk nge blog. Semenjak ngelahirin bulan Maret lalu sebenernya pengen banget sharing pengalaman persalinan normal. Sekarang bayiku sudah mulai nyenyak bobonya kalo malam, jadi saya bisa colongan nulis di waktu luang.

Dapat melahirkan dengan proses vaginal birth atau biasa orang menyebutnya melahirkan secara normal (bukan melalui oparesi caesar) memang jadi harapan saya jika suatu saat nanti punya anak. Saat mengandung saya sering googling soal pengalaman orang yang melahirkan secara normal, jadi setelah mengalaminya sendiri saya ngerasa perlu juga berbagi salah satu pengalaman terindah yang pernah saya alami ke mom-to-be yang curious sama proses ini supaya makin pede dan mudah-mudahan harapannya terkabul.

Mulai cerita darimana ya? Dari H-1 kali ya...

Jumat siang H-1 saya pengen makan gado-gado yang ada di food court tempat saya tinggal, karena sudah hamil besar saya males banget makan nasi, rasanya perut penuh dan begah banget. Tapi sayangnya, stall gado-gadonya tutup. Jadilah berganti halauan makan batagor , yang sama-sama pake bumbu kacang. Sambil makan batagor saya masih sempet browsing2, yang lucunya, saya browsing mengenai persiapan melahirkan seperti cara nafas, mengejan dll.

Pulang dari food court , langsung balik ke apartemen. Abis itu tiduran sebentar. Sekitar jam 4 sore perut terasa mules, saya pikir karena mau (sorry) BAB yang ternyata engga. Lalu jam 7 pas saya pipis, liat flek di underwear. Wah langsung DEG! Takut kandungan kenapa napa ditambah rasa mulesnya muncul lagi, yang ada dipikiran saya saat itu gara-gara makan batagor nih jadi sakit perut huh! Tapi karena khawatir saya coba sms dokter dan menanyakan apakah saya perlu ke RS untuk memastikan kandungan saya baik-baik saja dan ternyata dokter merasa belum perlu, kecuali mulesnya sudah tiap 15 menit. Wah saya langsung feeling, jadi siap-siap packing printilan seperti kamera, tas kosmetik, dokumen2 kehamilan dll. Kalo koper berisi baju saya dan baju bayi memang sudah saya siapkan jauh hari.

Sambil harap-harap cemas saya menunggu suami pulang kantor, eh si Mas baru pulang jam 9 malam. Sampai di apartemen suami malah ngajak makan di resto sekitar apartemen. Karena lapar (bumil mah lapar muluu hehehe) saya pun sempat menikmati mie ayam pedas . Sekembalinya ke apartemen mulai deh perut mules lagi kira-kira jam 10an , wah saya baru inget kan tadi sore perutnya lagi mules , kenapa makan pedes2 kan perutnya jadi tambah mules deh. Sambil nahan mules yang saya kira berasal dari batagor dan mie pedas, saya tidur sebentar. Jam 11 malam kebangun karena perut (lagi-lagi) mules sekali!! Saya pun ke kamar mandi dan uuupsss sorry... BAB . Nah kan betul (perkiraan saya) penyebabnya Batagor dan mie pedes nih. Lalu jam 12 kok sakit lagi perutnya??!! Aduh ini sih kayaknya tanda mau ngelahirin, masa dari sore sampe tengah malam mules melulu. Saya pun membangunkan si Mas dan ngajak pergi ke RS, tapi sambil nyantai dia cuma jawab "Kalo belum tiap 15menit mulesnya gak usah dulu ya, kan kata dokternya gitu". Astagaa padahal perut udah melilit bangeeet. Tapi memang dari awal hamil udah niat gak mau kelamaan nunggu di RS, pengennya sampe RS tinggal proses melahirkan. Jadi ya nurut aja begitu suami bilang gitu.

Kemudian jam 1 pagi, muncul lagi mules mules aduhay tralala di perut super buncit saya. Sambil cubit-cubit suami, jawaban suami pun masih sama! Akhirnya sekitar jam 2 pagi saya terbangun karena ngerasa ada bunyi "CES!.." di bawah perut. Langsung buru-buru lari ke kamar mandi dan begitu mau nge-flush , ada darah dan cairan bening sekitar 5cm di kloset . Di pagi buta, kita berdua pun turun dari lift untuk menuju mobil. Oh ya karena tinggal di apartemen suami harus ambil mobil dulu di basement 3 dan saya menunggu di lobby yang sunyi senyap sambil nahan cairan keluar. Jarak dari apartemen ke RS gak terlalu jauh tapi kalo lagi rush hour, wah dijamin bisa 1 atau bahkan 2 jam waktu perjalanan. Alhamdulilah saat itu pagi buta, jadi sambil nyetir santai dan dikit-dikit ngebut sampailah kita di KMC Kemang hanya dalam waktu sekitar 25 menit. Sampai di UGD, disambut satpam yang kemudian menawarkan kursi roda.

SETIBA DI RS

Naiklah kita ke lantai 2 (kalo gak salah, maaf ya agak lupa soalnya udah lama :D) masuk ke ruang observasi disambut bidan bersuara lembut dan nenangin. Saya disuruh ganti mengenakan pakaian sejenis kimono dan diminta tes urin. Di ruang observasi gejolak perut gak usah ditanya yaa, tiap beberapa menit kayak ada ombak gede nendang2 dan rasanya Wow fantastis. Bidan pun mengeluarkan alat pendeteksi kontraksi, yang kemudian hasilnya bisa langsung di print. Setelah hasil printnya diambil , suster ngecek kira-kira saya sudah bukaan berapa. Silahkan di tebak kira-kira kalo udah mules kayak gitu udah bukaan berapa? Ternyata saya sudah bukaan lima!!! Hihihi seneng juga sih jadi gak perlu ada acara disuruh pulang dulu , alias bolak-balik ke RS. Sekitar stengah jam kemudian saya dibawa ke ruang melahirkan.

Di ruangan tersebut akhirnya berjumpa dengan obygyn saya, dr. Ridwan. Dengan wajahnya yang kalem dr. Ridwan berusaha menenangkan dan ajak ngobrol sebentar lalu.... keluar ruangan!! hah??. Padahal kondisi perut udah super mules , dan saya ngerasa bayinya kayaknya udah mau keluar. Baru sekitar 3 menit dokter keluar, saya minta suami untuk manggil dokternya kembali, karena saya yakin banget nih si bayi udah gak sabar liat dunia. Alhamdulilah sekitar pukul 05.00 WIB jagoan kecil kami lahir dengan sehat dan sempurna. Terima Kasih ya Allah atas kelancaran proses dan karunia tak ternilai ini. Bahagianya tak terhingga

Keuntungan melahirkan normal yang saya rasakan antara lain adalah proses dari mules sampai melahirkan yang lumayan cepat. Selain itu bisa langsung IMD. Dari ruang bersalin ke kamar memang menggunakan kursi roda, tetapi untuk ke toilet atau ke tempat lainnya sudah bisa berjalan sendiri gak perlu didampingi.

Tips saya untuk ibu hamil yang ingin melahirkan normal: Saya bukan bidan apalagi dokter. Hanya sekedar sharing mudah-mudahan bisa menambah semangat calon bunda yang ingin melahirkan normal

1. Berdoa terus dan terus , saya adalah orang yang sangat percaya kekuatan doa. Jadi yakinkan diri dan berdoa agar bisa melahirkan normal ya bunda

2. Rajin jalan kaki. Sama sekali bukan mitos. Sahabat saya yang terlebih dulu punya anak dari awal kehamilan selalu mengingatkan saya untuk rajin jalan kaki. Sejak awal hamil malah saya niat beli sepatu olahraga untuk jalan kaki, karena memang gak punya sepatu olahraga. Menurut saya penting untuk menggunakan sepatu khusus untuk olahraga/jalan kaki. Untuk menghindari terjadinya cedera. Kebetulan tinggal di pemukiman apartemen yang cukup luas dan terdiri dari banyak tower. Setiap weekend pasti saya sempat kan jalan keliling blok , tracknya mungkin sekitar 2-5km. Sedangkan sewaktu cuti kegiatan ini bisa dilakukan tiap hari. Jangan lupa bawa air minum saat jalan kaki.

3. Naik-turun tangga. Nah ini saya akuin gak mudah, terutama saat perut semakin membesar. Kebetulan kantor saya letaknya di lantai 1. Dari lobby ke lantai 1, ada tangga khusus yang letaknya dekat resepsionist gedung. Jadi setiap pagi begitu masuk lobby tinggal belok kiri nah langsung deh naik tangga yang jumlah anak tangganya kalo gak salah 20an. Tapi ingat bun, ini sebaiknya dilakukan kalau sudah trimester 2 ya dan akan lebih baik lagi kalo sudah masuk trimester 3.

4. Bergerak. Yup, hamil bukan berarti gak boleh melakukan banyak kegiatan. Selama janin sehat dan kandungan kuat, semakin aktif sang ibu berkegiatan, maka semakin mudah proses melahirkan normal. Saya tetap nyetir sampai minggu ke 36, pergi ke luar kota sempet beberapa kali, meeting keluar kantor juga sering.

5. Jaga berat badan. Kalo ini sebenernya pesen dari obygyn saya. Jika mau melahirkan normal, bayinya jangan kegedean, begitu saran beliau. Jadi waktu berat badan saya mulai melonjak, dokter mewanti-wanti. Makan tetap banyak, tapi kalo mau nyemil lebih pilih buah atau sayur kayak kacang edamame rebus. Selama hamil saya juga rajin mengkonsumsi susu , semua jenis susu. Namun memasuki minggu ke 36 saya stop minum susu hamil , karena hasil USG terakhir bayinya sudah 3,5 kg. Khawatir bayi yang terlalu besar, akan mempersulit proses mengejan :p

6. Terakhir tentunya pasrah. Saya cukup terobsesi untuk melahirkan normal dan pada trimester 3 baru sadar bahwa hanya Allah SWT yang bisa mengatur segalanya. Jadi saya juga mulai googling pengalaman bunda yang melahirkan melalui operasi caesar. Bekalin ilmu supaya gak kaget dan panik, sambil tetap berdoa dan optimis bisa melahirkan sesuai harapan.

Baca Juga Yuk: Drama Menyusui Pada Ibu Baru

You Might Also Like

10 komentar

  1. Thanks sarannya mbak berguna bngt buat saya yg lagi dag dig dug nunggu lahiran heheh

    BalasHapus
  2. Hai salam kenal... mudah mudahan lancar ya proses bersalinnya :)

    BalasHapus
  3. wah.. siiip.. membantu banget sharingnya, mbak... smg nanti saya bisa lancar n lahiran normal jg... amiiin.. thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Hilda,

      Senangnya sedang menunggu kelahiran si kecil. Semoga sehat semuanya ya :)

      Hapus
  4. Hai mom, makasih udh nulisin pengalamannya... Aku hamil 30w skrg dan sdg ngajak "kompromi" si adek biar nanti bisa lahiran normal... Terus trg aja aku tipe yg penakut bgt liat jarum soalnya, apalagi di bedah. Smg ak bisa lahiran normal n mudah sprti mommy... :-)

    BalasHapus
  5. Bagus bgt,. thanks ya buat Tips nya. semoga aku bisa lahiran normal n cepet juga, Amiiin!

    BalasHapus
  6. Hai Rizma dan Cika!

    Amiiin. Mudah mudahan dilancarkan ya proses lahirannya :)

    BalasHapus
  7. Lagi hunting referensi sana - sini soal persalinan normal, antara pasti berani tapi kadang jadi ciut lagi... sharing-nya Alhamdulillah manfaat menenangkan saya yg saat ini sedang menunggu si dede', Trims dan salam kenal ya mbak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Erlina, Sebenarnya kalo takut sakit, pengalaman saya sih pas mules kontraksinya aja yang lumayan berasa. Tapi setelah itu udah gak berasa apa-apa karena fokus ngeden biar bayi keluar hehehe. Semangat yaaa

      Hapus

Popular Posts